Kamis, 23 Februari 2012

Persamaan dasar akuntansi


A. IDENTIFIKASI TRANSAKSI KEUANGAN

Untuk dapat memahami metode pencatatan akuntansi dan metode pelaporannya maka kita harus memehami hakikat kegiatan atau transaksi keuangan perusahaan. Sebagai organisasi yang bertujuan memperoleh laba, perusahaan berusaha untuk menghasilkan barang dan jasa untuk dijual kepada konsumen dengan harga yang menguntungkan.

    HUBUNGAN ANTARA HARTA DAN SUMBER- SUMBER       HARTA.

                   Harta perusahaan bisa berasal dari pemilik perusahaan yang disebut dengan Modal, dan bisa juga berasal dari pinjaman (dari luar perusahaan) yang disebut kewajiban.
Kegiatan- kegiatan yang terjadi dalam perusahaan pada hakikatnya adalah transaksi- transaksi yang terjadi pada setiap periode, seperti menerima setoran pemilik, meminjam uang dari perusahaan, membei gedung dan peralatan, membeli tanah, membayar gaji pegawai, dan menjual barang, yang disebut Laporan transaksi Keuangan.
Walaupun bidang usaha dan skala perusahaan berbeda- beda namun pada hakikatnya kegiatan perusahaan selalu berkisar pada penggunaan sejumlah harta pada usaha produktif sehingga dapat dilakukan penjualan dan diperoleh keuntungan.  
B. BENTUK- BENTUK DALAM PERSAMAAN DASAR AKUNTANSI PADA PRINSIPNYA YAITU DAPAT DIRUMUSKAN :
Text Box: HARTA = HUTANG + MODAL





                             Laporan keuangan merupakan hasil dari proses akuntansi, namun prinsip persamaan dasar- dasar akuntansi memiliki beberapa aspek yang perlu. Ada 3 prinsip yag harus diingat dalam membuat suatu  aporan keuangan yang sesuai, ketiga prinsip tersebut yaitu :
1.   HARTA
Atau sering disebut (aktiva) yaitu Sumber- sumber ekonomi yang dimiliki perusahaan yang biasanya  dinyatakan dalam satuan uang. Jenis- jenis sumber- sumber ekonomi atau lazim disebut harta perusahaan bias bermacam- macam. Ada kekayaan yang berupa barang berwujud aperti tanah, gedung dan mesin.
Ada pula yang berupa tagihan yang dalam akuntansi disebut piutang dagang, dan ada pula yang berbentuk pembayaran dimuka (uang muka) atas jasa tertentu yang baru akan diterima dimasa yang akan datang. Yang termasuk aktiva ini antara lain :
a.   Uang tunai baik di perusahaan maupun di bank
b.   Tagihan kepada pihak ketiga (piutang)
c.   Barang dagang
d.   Perlengkapan toko, kantor, dan lain-lain.
2.   HUTANG
Yaitu disebut juga dengan kewajiban yang harus dibayar oleh perusahaan dengan uang atau jasa pada suatu saat  tertentu dimasa yang akan datang. Dengan kata lain, kewajiban merupakan tagihan para kreditur kepada perusahaan. Dibawah kewajiban jangka pendek (atau disebut juga kewajiban lancar) dicatumkan kewajiban jangka panjang. Utang ini muncul karena :
a.   Adanya pembelian kredit
b.   Adanya jasa yang belum dibayarkan
c.   Pinjaman dari pihak ketiga
      Yang termasuk dalam kelompok utang, yaitu:
a.   Utang Lancar (Current Liabilities), yaitu utang yang pembayarannya kurang dari satu tahun, misalnya : Utang Dagang (Account Payable), Utang Pajak (Tax Payable) dan Utang Gaji (Salaries Payable).
b.   Utang Jangka Panjang (Long Term Liabilities),  yaitu utang yang pembayarannya lebih dari satu tahun, misalnya : Pinjaman Bank (Bank Loan)dan Pinjaman Obligasi (Bond Payable).

3.   MODAL    
Modal dicantumkan dalam neraca dibawah kewajiban. Modal pada hakikatnya merupakan hak pemilik perusahaan atas kekayaan (aktiva) perusahaan. Besarnya hak pemilik sama dengan aktiva bersih perusahaan, yaitu selisih antara aktiva dan kewajiban.


 Dengan demikian jumlah modal merupakan sisa__yaitu hak atas sisa aktiva setelah dikurangi kewajiban kepada para kreditur. . Modal perusahaan terdiri atas :
a.   Modal perorangan
b.   Modal badan usaha
c.   Modal investor

C. TRANSAKSI DIBUKUKAN  KE DALAM PERSAMAAN    DASAR AKUNTANSI

                   Salah fungsi dari akuntansi itu sendiri adalah menyediakan laporan- laporan periodik untuk manajemen, investor, kreditur, dan pihak- pihak diluar perusahaan. Laporan keuangan utama yang dihasilkan dari proses akuntansi adalah neraca dan laporan rugi laba yang menggambarkan dari hasil- hasil usaha yang dicapai dari suatu periode.
Dengan mempelajari apa yang dicantumkan dalam laporan keuangan, diharapkan para pembaca dapat lebih mudah mempelajari berbagai tahap kegiatan didalam akuntansi.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar